Ads 468x60px

Selasa, 06 Oktober 2015

Agus Marto Imbau Jokowi Jangan Turunkan BBM Demi Popularitas


Agus Marto Imbau Jokowi Jangan Turunkan
BBM Demi Popularitas




JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada PT Pertamina (Persero) untuk menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium. Bahkan penurunan harga BBM, bakal dimasukkan dalam paket kebijakan ekonomi jilid III Jokowi.





Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengingatkan, Jokowi untuk kembali mengevaluasi wacana tersebut. Menurutnya, penentuan harga BBM harus dilakukan secara transparan.

"Kalau misalkan ada penyesuaian harga BBM yang kami recommend adalah basis perhitungannya harus transparan. Karena ini bagian dari pendidikan kepada masyarakat tetapi juga kredibilitas," papar Agus di Kompleks BI, Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Agus menilai penghitungan yang transparan membuat masyarakat mengetahui penyesuaian harga BBM mencerminkan kondisi perekonomian. "Maksud saya jangan untuk popularitas. Tetapi harus betul-betul untuk accountability dan juga mencerminkan kondisi yang sebenarnya," kata dia.

Selain itu, sebagai negara berkembang yang baru saja melakukan reformasi struktural di bidang migas, Indonesia masih menjadi sorotan negara lain. Jika pemerintah tidak konsisten dengan pernyataan yang dibuat beberapa bulan lalu, Agus bilang, bisa menurunkan kepercayaan negara lain terhadap Indonesia.

"Jadi kalau mau direview setiap enam bulan kita harus lakukan dengan disiplin setiap enam bulan direview dan kalau perlu turun, turun. Kalau perlu naik, ya naik. Tetapi yang penting konsistensi," tegasnya.

Dia tidak mempermasalahkan jika pemerintah menurunkan harga BBM. Namun Agus mengusulkan, ada baiknya jika harga BBM tidak diturunkan di waktu yang belum tepat.

‎"Tetapi jangan diturunkan pada saat hitung-hitungannya masih belum menunjukkan waktu yang tepat untuk menurunkan nanti yang terjadi hanya sedikit penurunan tetapi kita kehilangan kepercayaan, kehilangan kredibilitas jadi itu yang saya titip," imbuh Agus.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Pencarian