Ads 468x60px

Rabu, 21 Oktober 2015

Sejarah Game PACMAN

Sejarah Game PACMAN











Hai pecinta Pac-man.. Siapa sih yang belum pernah mainin game pacman ?? kayaknya sebagian besar orang dari semua kalangan udah pernah main game pacman..


Bulatan hilang sepotong dengan warna kuning memangsa bulatan kuning disepanjang jalan dengan diganggu oleh setan-setan yang berwarna-warni … Biasa dimainin di handphone ataujuga laptop :)

Game ini termasuk gameplay yang sangat mudah di mainkan,jadi semua kalangan dari anak kecil sampe orang dewasa bisa maininnya. Lagipula apa hubungannya si pacman dengan hantu yang terus mengejarnya ?? lagipula pacman memakan bulatan kuning saja. Tetapi anehnya tidak ada suatu halpun yang menyebabkan mengapa hantunya terus ngejar si pacman ?? kemana-mana si pacman dikejar ga ada alesannya juga tu hantu hihi. toh hantunya juga gak makan bulatan kuning itukan jadi gak perlu marah dong.. Apa dia iseng aja ya ngejar si pacman ? hihi hantunya juga warna-warni yang sangat lucu bukannya seram.



Nih dia orang yang negmbangin game pacman lho. Di era 80-an ada karyawan Namco yang bernama Toru Iwatani yang memberi draft permainan asli dari game yang akan dia buat kepada pameran game di Belanda. Idenya adalah dia akan membuat sebuah game yang mudah dimainkan untuk perempuan.



Toru Iwatani menggambar sketsa papan permainan yang mau dia buat. Dia gambar papan permaiannnya di kertas kotak-kotak menyerupai gambar labirin itu lho.

Lalu Toru Iwatani membuat sketsa icon dari pemain utamanya dengan gambar seperti sebuah bulatan pizza yang hilang sepotong menyerupai mulut orang yang sedang terbuka kalo lagi mau makan.


Judul aslinya adalah Pakkuman yang terinspirasi dari kemiripan suara “paku-paku” yang berbunyi seperti mulut sesorang yang sedang makan. Ada juga yang bilang bahwa Puck-Man terinspirasi gara-gara Toru Iwatani lagi makan pizza lalu dia berfikir bisa gak yah buat ikon dari pizza ini ? Awalnya Iwatani merancang game ini untuk dimainin sama cewek aja, soalnya dari bentuknya, labirinnya, warnanya, setannya juga lucu kok anak kecil gak bakal takut mainin gamenya hihi. Konsep game pakkuman dikembangkan lebih dari setahun yang termasuk cepat pada saat itu, dengan dibantu oleh Sembilan orang tim yang bekerja sama membuat game pakkuman. Lalu pakkuman diluncurkan pada bulan Februari 1980 di Jepang, tapi masyarakat sekitar kurang suka sama gamenya, karena pada waktu itu yang main game cuma cowok aja mainan game tembak-tembakan gitu. Jadi kemunculan pakkuman kurang mendapat respon.
Lalu game pakkuman dibawa ke AS oleh divisi Bally Midway diganti deh tuh judulnya jadi Pac-Man. Ga sampe lima bulan game pacman langsung menduduki peringkat atas karena menjadi game yang digemari oleh anak-anak muda di AS. Game yang awalnya dirancang untuk permainan wanita malah pada saat itu semua kalangan nyobain permainan pacman.
Lalu Pac-Man meraih keberhasilan dengan 100.000 unit game yang terjual pada saat itu. Pac-Man akhirnya mendunia dalam industri video game. Lalu pac-Man menjadi ikon budaya video game selama tahun 1980-an . Berbagai barang dibuat dengan ikon Pac-Man.

Nih kaya sandal pun gambarnya dibuat dari papan permainan pacman lho hihi Unyu banget deh pokoknya. Sampe kue kering gambarnya pacman hahah, ada ada aja ya,,

Pac-Man termasuk gameplay yang cara maininnya gampang banget. Karakter utama (Pac-Man) harus berusaha menghabiskan bulatan-bulatan kuning yang tersedia sepanjang jalan pada maze, dalam perjalanannya Pac-Man harus berusaha menghindari para pengganggu berupa hantu warna-warni. Kita kenalan dulu deh yu sama hantunya yang unyu itu hihi

Ni dia penampakan hantuu dalam game pacman. Ada 5 macam setan. Yang pertama itu blinky warnanya merah lho, yang pink itu pinky pastinya kalo blacky hitam dong hihi.. yang biru muda namanya inky, yang orange clyde, sama yang terakhir itu biru namanya cobra commander soalnya ada tanduknya tuh diatas kepalanya si kobra, Secara kasat mata sih bentuk hantunya sama aja, cuma beda di warna sama akrakternya aja sih hhe.Hantu lucu ini yang nantinya bakal ngejar si pacman..


Pada tahun 1982, super Pac-Man dibuat dengan mengganti bulatan kuning menjadi ikon buah, buahnya juga banyak macemnya ada pisang, strawberry, apel, nanas, sama kue itu. Biar ga bosan pacmannya makan biji kuning terus hihi.




Pada tahun 1988, Pac-Man kembali di pasar dengan tersedianya game tersebut di Megadrive dan SPN. Namco mencoba berinovasi untuk dapat membuat Pac-Man tersebut melompat, tetapi permainan yang dicobanya mengalami banyak bug.



Tahun 1993 Namco merilis PacAttack Game boy yang merupakan gabungan antara tetris dengan pac man. Tahun 1994 muncullah Pac-Man 2.

Keberhasilan Pac-Man yang paling menonjol adalah tahun 2001 karena tersedianya Pac-Man di Playstation. Game di playstationpun berasa seru karena petualangannya berada ditempat baru yang harus kita jelajahi.



Lalu tahun 2006 Pac-Man kembali hadir dalam format serba baru. Yang ada didalam dunia 3d. Pac man world 3 dirilis oleh Namco dan sekaligus didedikasikan sebagai 25thAnniversary dari Pac-Man. Cerita dalam game secara konsep sama dengan Pac man klasik, dan kamu akan tetap berperan sebagai karakter bukat berwarna kuning, hanya saja kali ini platform permainan didesain dalam dunia 3d, jadi Pac-Man dapat bergerak 360 derajat. Pc man dibuat agar dapat melompat, memantulkan tubuh, dan melakukan dash. Jika kamu bosan menginjak dan menabrak monster-monster tersebut, kamu dapat menggunakkan tombol lain untuk meluncurkan beberapa pukulan kea rah monster dan juga kita dapat mendorong monster agar jatuh ke lautan racun. Pac man juga bisa mengumpulkan berbagai macam buah buahan untuk mendapatkan bonus.

Di sinilah serunya, ketika dikejar, segeralah cari pearl berwarna emas. Setelah memakan pearl tersebut, Kamu akan kebal terhadap hantu dan giliran Kamu yang mengejar dan mencaplok mereka. Tapi ingat, jangan keterusan, ketika efek pearl sudah habis, mereka akan berbalik mengejar Kamu lagi. Seru bukan?
Apalagi disediakan berbagai jebakan untuk merenggut nyawa Kamu. Tembok-tembok berduri yang siap menggencat Kamu, semprotan gas beracun, lantai yang bisa terbuka dan mengeluarkan jarum raksasa, serta gada berduri yang mengayun-ayun. Berbagai tantangan unik hadir di setiap levelnya.
Sedikit hiburan adalah saat Kamu menelan power pill, Kamu akan menjadi super dan bisa melakukan beberapa gerakan spesial, misalnya melompat sangat tinggi dan merontokkan beberapa monster sekaligus ketika Kamu mendarat, disertai dengan efek visual yang lucu dan menyenangkan.






Memang game ini masih seru dan mengasyikkan untuk dimainkan pada awalnya. Hanya saja game ini memiliki sistem kamera yang buruk khusus untuk yang 3d. Kontrol kamera sangat sulit. Selain itu, fokus otomatis kamera sangat tidak bagus, sehingga ketika butuh pergerakan cepat, seperti ketika dikejar hantu, sudah pasti kita akan kesulitan mencari letak pearl, tidak ada mini map ataupun bantuan lain yang tampak di layar. Berputar-putar mencari pearl lama-kelamaan akan membuat kita pusing.
Selain itu, game ini memiliki panjang permainan sekitar 15 level, di mana di dalamnya terbagi menjadi 3 hingga 5 sub level. Kamu dapat menyimpan permainan pada save point di setiap akhir sub level. Kayaknya itu terlalu panjang untuk game yang nuansa permainannya itu-itu aja. Setelah memainkan 3 atau 4 level, Kamu mungkin akan menjadi bosan. Mr. Pac Man hanya berlari-lari kesana kemari mencari butiran, menghindari hantu, melompat menghindari jebakan duri, manghajar monster, dan aksi yang itu-itu saja.Harusnya ada suatu inovasi baru untuk game pacman ini misalkan si pacman ini mempunyai tujuan khusus untuk mencapai suatu misi tertentu, misal mencari packgirl, mecari jalan pulang kerumah pacman dll.

serunya game ini hanya di permainan yang gameplay saja. saya rasa orang awampun bisa memainkan game ini dengan baik, suara yang menarik dan juga warna-warna yang cerah dalam setiap permainannya..

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Pencarian